Sabtu, 12 September 2015

Minggu ke-3 dan 4 Fisioterapi (7)

Saya bisa merasakan bahwa saat ini progress kaki saya lebih baik dari minggu lalu. Lebih ringan, sudah bisa saya tekuk dan bisa saya angkat tinggi. Tapi tetap saja belum boleh diinjakkan apalagi dicoba berjalan. Itu pesan dr.Rizki beberapa waktu lalu. Saya baru control dengan dr.Rizki dua minggu pasca operasi. Setelah itu sesuai masukan dr.Rizki. Kalau disuruh control ya control, kalau ga disuruh berarti tetap melakukan fisioterapi setiap hari. Jangan lupa, siapapun dokter kamu, biasakan membuat janji terlebih dahulu. Jangan malu atau sungkan untuk bertanya. Cukup d isms saja. Ga usah di telp. Biasanya dokter itu kan sibuk, apalagi dr.Rizki, jangan tanya lagi deh.

Pada minggu ini saya sudah melakukan terapi untuk kesekian kalinya. Kebetulan saya terapi di RSUP Bukittinggi. Saya dapat rekomendasi disana. Ga kuat kalau di Padang. Jauh banget kan dari Bukittinggi. Anehnya, kok ruang fisioterapi di RS. M.Djamil bisa kayak gitu ya? Parah banget kalau kata saya. Padahal itu punya RS gede. Terapisnya tua-tua lagi. Ga rekemendasi deh.

Beda banget dengan tempay fisioterapi di Bukittinggi. Tempatnya kinclong lho. Bersih, wangi dan Alhamdulillah sangat nyaman. Petugasnya juga masih muda-muda. Tapi jangan salah, meskipun muda mereka terapis berpengalaman semua. Beberapa diantara mereka sekolah Terapis di Surakarta kalaw saya ga salah. Banyak yang berasal dari pulau Jawa. Jadi ngomong bahasa Indonesia medhok. Nah, karena saya dulu kuliah di Jogja, dan bisa bahasa Jawa jadi saya termasuk dekat dengan beebrapa terapisnya. Saya juga sering dikasih waktu tambahan dan fasilitas special lho.

Untuk latihannya, kaki saya masih dipijit agar bisa lemas. Diangkat, digoyang ya begitulah. Sendi-sendinya dicoba difungsikan lagi dengan digerak-gerakkan terus. Saya terapi jadwalnya seminggu tiga kali. Kata terapis disini ga boleh setiap hari. Meskipun begitu, terapi di rumah harus setiap hari. Kalau saya setiap waktu kalau lagi semangat kakinya dilatih terus. Dicoba diangkat, dogoyang, ditekuk dan sebagainya. Pastikan semua terapi yang kamu lakukan dirumah sendiri itu aman dan tidak beresiko.

Latihan ini juga bisa dilakukan setiap baru bangun tidur dan mau tidur. Sempatkan saja setiap hari. Untuk mengukur kekuatan kaki, setiap latihan power atau tekanan pada lutut agar selalu ditingkatkan. Misalnya hari 1 = 12 kali angkat. Hari berikunya ditambahkan sesuai dengan kekuatan kaki.


Ibarat PR waktu sekolah dulu, sepulang terapi kamu bisa Tanya terapisnya, terapi apa yang bisa kamu lakukan atau latih di rumah. Usahakan kakinya jangan sampai didiamkan.

Untuk membantu, saya gunakan video berikut. Video ini sangat membantu, karena dilengkapi dengan minggu satu, dua dan selanjutnya. Tapi kalau saya pelajari, terapi yang di video ini berbeda metodenya dengan yang direkomendasikan dr.Rizki. Saya husnuzon aja. Lagian itu video kan amerika punya. Jadi standar terapinya bedalah.Untuk videonya akan saya upload pada laman berikutnya. Bersambung.... klik disini






1 komentar:

  1. Gan ane baru selesai operasi Acl. 4 hr yg lalu saat berdiri kaki ngilu banget yah, seberapa lama itu hilang dan kapan kaki bisa mengangkat senDiri?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar