Rabu, 30 September 2015

Minggu ke-7 Genu Step (9)

Pada tulisan ini saya mau mengingatkan bahwa penggunaan Genu Step (GS) atau pengaman lutut harus selalu digunakan. Kata dr. Rizki GS harus selalu digunakan selama enam bulan. Sama dengan periode kuliah dulu, satu semester ga boleh absen. Lama banget ya? Ya iya lah, namanya juga pemulihan. Memang harus begitu. Ga boleh ngeluh

Meskipun sudah mulai berjalan dengan satu tongkat (minggu ke-6) GS sangat berfungsi untuk
menjaga kestabilan lutut kamu. Kalau saya, sebelum menggunakan GS saya terbiasa menggunakan perban (coklat) bawaan setelah operasi. Saya punya dua perban. Jadi kalau yang satu udah saya anggap kotor atau udh bau obat pasti lansung saya tukar. Penggunaan perban sangat berpengaruh sekali untuk kekencangan pemakaian GS. Semula, memakai perban sendirian saya agak kesulitan. Lama-lama jadi biasa. Tanpa perban, GS yang saya gunakan sering longgar bahkan copot. Oya, yang perlu kamu ingat betul adalah jangan pernah mengganti penggunaan GS dengan engkel lutut/paha yang dijual bebas di took olahraga. Fungsi dan kualitas jelas beda, banget.

Sejak pakai GS, saya sudah tidak lagi menggunakan celana panjang. Seharian dan kemana-mana saya selalu menggunakan celana pendek. Ke RS, ke pasar atau kemanapun deh. Lebih nyantai dan enteng aja. Nah kalau kamu ga biasa pake celana pendek, pake celana panjang juga ga masalah. Saya pernah coba sekali pake celana panjang. Agak ribet sih. Tapi kemudahannya ga harus pake perban lagi. Kain celana bisa sebagai penyangga untuk penguat GS yang kamu pake.

Meskipun begitu, GS tersebut ga harus dipake tidur juga. Saya hanya menggunakan GS ketika bepergian ke luar rumah. Di dalam rumah saya tidak menggunakan perban, GS atau apapun selalin tongkat. Biasanya kalau pake GS, itu kakinya pasti sulit untuk ditekuk. Meskipun lentur tapi tetap ga enak aja. Jadi silahkan jaga kestabilan lutut kamu dengan tetap menggunakan GS. Bersambung...






2 komentar:

  1. Bang saya baru saja didiagnosa dokter kena acl. Tp nunggu hasil MRI dl apakah parah atau tidak cederanya. Apakah maish menungkinkan ubtuk penyembuhannya tanpa operasi? Kemudian saya mau nanya...yg cedera lutut kiri klo kasus saya. Tp kenapa lutut kanan saya juga jd sering terasa sakt atau lemah?? Mengalami seperti itu?

    BalasHapus
  2. Maaf mas Dey, saya baru nge-blog ini. Mungkin lebih baik kontak ke imel saja. Secepatnya akan saya balas. fadhli_bull@yahoo.co.id
    Klw untuk penyembuhan tentu dokter yang lebih tau. Namun setau saya, dari dokter disini, tindakan operasi lebih baik dilakukan sebagai penyembuhan. Apalagi kalau usianya masih dibawah 30 tahu. Penyembuhannya akan lebih cepat. Ditakutkan, jika tidak dioperasi akan mengalami masalah dikemudian hari. Begitu kata dokternya.
    Pada kaki kanan saya (yang dioperasi), alhamdulillah tidak mengalami masalah pada kaki kiri. Coba periksakan ke dokter saja mas. Jangan lupa BPJS atau asuransinya diurus mas. Itu akan sangat membantu.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar